Lomba Kompetensi Siswa SMK Se-Kabupaten, Siswa SMK NU 01 Kendal Kembali Borong Piala

0
291

Kendal, pcnukendal.com – Gelaran Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang dihelat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMK se-kabupaten Kendal di beberapa SMK sejak Selasa (3/11) lalu telah melahirkan beberapa juara dari masing-masing jurusan.

Beberapa piala juga berhasil dibawa pulang oleh para peserta dari Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama (SMK NU) 01 Kendal sejak hari pertama. Capaian membanggakan sekolah NU itu berlanjut pada gelaran LKS Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) yang digelar Sabtu-Minggu (7-8/11).

Pada LKS RPL yang menggelar lomba desain grafis, Eka Khoirul Anam siswa kelas XI RPL 1 SMK NU 01 Kendal berhasil meraih juara 2 dengan jumlah nilai 84,42 unggul tipis atas SMK N 3 Kendal yang mengumpulkan nilai 84,58 pada juara pertama. Lomba digelar di SMK N 7 Kendal, Sabtu (7/11) dan diikuti 35 peserta.

Eka, panggilan akrabnya tak menyangka akan mendapat juara. Ia mengaku sangat menikmati lomba dengan menuangkan semua ide dan kemampuannya. “Alhamdulillah diberikan kelancaran dan ide yang cemerlang,” tukas siswa asal Poncorejo, Gemuh itu.

Ketua Jurusan RPL SMK NU 01 Kendal Adi Zulkarnain sangat bersyukur anak didiknya dapat melanjutkan tradisi juara seperti yang telah diraih jurusan lain pada kesempatan sebelumnya.

“Ini tantangan sekaligus motivasi buat kami karena 4 jurusan lain dari sekolah kami telah berhasil membawa pulang piala pada hari sebelumnya,” ungkap Adi Zulkarnain.

Sementara itu pada Jurusan TKR, siswa kelas XII TKR 3 SMK NU 01 Kendal Pranoto berhasil meraih juara 3 lomba automobile technology yang dihelat di SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Minggu (8/11). Keberhasilan Pranoto menjadi peringkat 3 dari 13 peserta tak lepas dari kerja kerasnya selama latihan dan arahan guru pembimbingnya.

“Saya lebih fokus dengan teknik yang saya siapkan pada saat latihan. Saya yakin masing-masing punya strategi, dan saya memilih strategi yang diajarkan guru saya,” ungkap siswa asal Sojomerto itu.

Ketua Jurusan TKRO SMK NU 01 Kendal M. Chambali mengaku sempat tidak yakin melihat penampilan sekolah lain yang sangat kompetitif. Namun anak didiknya berhasil mengatasi beban itu dengan menunjukkan ketenangan dan kepercayaan diri sehingga mampu mencapai peringkat 3.

“Beberapa strategi saat latihan berhasil ia terapkan, hal itu menjadi pondasi kepercayaan diri dalam berkompetisi dan berhasil ia wujudkan,” ungkap Chambali.

Raihan sejumlah prestasi siswa SMK NU 01 Kendal diapresiasi Kepala Sekolah Mokh. Izudin. Ia mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan guru pembimbing yang telah bekerja keras sehingga seluruh jurusan yang mengikuti lomba dapat meraih juara.

“Mulai dari latihan hingga pelaksanaan lomba, saya menyaksikan sendiri betapa besar komitmen mereka untuk memberikan yang terbaik untuk sekolah. Pesan saya, jangan terbang ketika sudah menang dan jangan terjun ke jurang ketika belum berhasil,” pungkasnya. (Arif/Mufty)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here