Lazisnu dan Banser Bantu Korban Banjir di Kendal

0
221

Kendal, pcnukendal.com – Sejumlah wilayah di Kota Kendal terendam banjir hingga setengah meter, Minggu (7/2). Selain karena curah hujan yang tinggi, banjir juga disebabkan meluapnya Kali Blorong, Kali Buntu, dan Kali Kendal. Akibatnya selain menggenangi jalan Pantura, banjir juga merendam perkantoran, dan rumah warga di kelurahan Kebondalem, Ketapang, Kalibuntu Wetan, Candiroto, Ngilir, Pekauman, Bugangin, Jetis, Langenharjo, Patukangan, Jotang,  Trompo, Karangsari dan Banyutowo.

Melihat kondisi tersebut, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kecamatan Kendal bekerja sama dengan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) turun ke lokasi untuk menyalurkan bantuan, Senin (8/2).

Ketua Lazisnu Kecamatan Kendal, Bayu Nugroho mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Ranting Lazisnu di sejumlah wilayah terdampak dan bekerja sama dengan Banser untuk mendistribusikan bantuan.

“Bantuan dikoordinasi oleh Slamet Sutejo selaku Divisi Pendataan didampingi oleh Sekretaris Lazisnu Kecamatan Kendal Muhamad Mashuri, dan Satkoryon Banser untuk membagikan 200 paket sembako,” terangnya.

Sementara Bendahara Lazisnu Kecamatan Kendal, Kholishotur Rodhiyah menjelaskan bantuan bersumber dari setoran kaleng sedekah yang sebagian dimasukkan ke rekening Lazisnu Kecamatan.

“Hasil kaleng sedekah yang kita terima, kita kembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk bantuan tersebut. Walaupun kecil, semoga bisa meringankan beban korban banjir,” harapnya.

Selain Lazisnu Kecamatan, Lazisnu di beberapa ranting juga bergerak memberikan sejumlah bantuan dan mendirikan dapur umum. Di Kelurahan Karangsari, Lazisnu setempat membagikan 90 paket sembako.

Koordinator Pentasyarufan Lazisnu Karangsari, Siti Jaziroh mengatakan bantuan tak hanya diberikan kepada warga muslim tetapi juga menyasar warga non muslim. “Bahkan Ormas lain juga kita bantu, karena memberi bantuan tidak perlu melihat latar belakang, siapapun yang membutuhkan kita bantu,” ujarnya.

Salah satu warga yang menerima bantuan, Fauzi (50) bersyukur dan berterima kasih atas kepedulian dan bantuan Lazisnu. “Bantuan ini sangat membantu meringankan beban kami, semoga para pengurus Lazisnu diberi kesehatan dan keberkahan sehingga senantiasa bisa melayani umat,” tutur warga RT 02 RW 03 Kelurahan Karangsari.

Kasatkoryon Banser Kendal, M. Sayudi berkoordinasi dengan Kasatkorcab menerjunkan puluhan personel Banser untuk membantu pendistribusian bantuan, mendirikan dapur umum, dan membantu evakuasi warga. Ia berharap musibah tersebut dapat menjadi pelajaran dan mengetuk kepedulian sesama untuk saling membantu.

“Semoga banjir cepat surut, dan kita dapat mengambil pelajaran untuk bersama-sama memperhatikan dan menjaga lingkungan,” tuturnya. (SR/Arif/Muf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here