KLASIFIKASI TEMAN

0
126

 

Imam Mawardi dalam ادب الدنيا والدين menerangkan macam-macam teman lalu mengklasifikasikannya sebagai berikut :

1. Teman yg mau menolong dan mau minta tolong.
Teman seperti ini adalah orang yang memiliki kesadaran tentang kewajiban yang ia harus laksanakan untuk orang lain, dan tentang hak yang akan diperoleh dari orang lain. Dia orang yang akan segera menolong orang lain ketika dibutuhkan, dan akan meminta pertolongan dari orang lain ketika dia membutuhkan. Teman seperti ini adalah orang yang paling seimbang dalam kehidupannya. Ketika banyak orang berkumpul dalam satu perkampungan dan ada pertetanggaan di antara mereka dan masing masing memiliki type seperti ini, maka terwujudlah kegotongroyongan di tengah masyarakat. Dan hakekat kemanusiaan (insaniah) adalah kehidupan manusia yang saling membutuhkan dan saling menolong satu sama lain.

2. Teman yang tidak mau menolong dan tidak mau minta tolong.
Dia adalah orang menutup kebaikannya agar tidak mengalir ke orang lain, tetapi juga menutup kejahatannya agar tidak membahayakan orang lain. Orang seperti ini bukan siapa siapa bagi masyarakat. Tidak bisa diharapkan kebaikannya dan tidak usah ditakutkan kejahatannya. Dia orang yang mengasingkan dirinya dari masyarakat, orang yang melakukan Uzlah (pengasingan).

3. Teman yang mau minta tolong tetapi tidak mau menolong.
Dia adalah orang tercela watak dan karakternya. Dia orang yang menjadi beban bagi orang banyak, tidak berguna dan tidak pula bermanfaat bagi masyarakat, atau kadang disebut “Sampah Masyarakat”. Orang seperti itu akan menjadi bencana bagi orang lain.

4. Teman yang mau menolong tetapi tidak mau minta tolong.
Dia adalah orang berkarakter mulia dan berhati luhur, punya kepedulian terhadap kepentingan orang lain. Apabila dirinya punya kepentingan, cukuplah mengatasinya sendiri tanpa ingin membebani orang lain. Dia adalah teman yang paling baik, tetapi orang seperti itu sulit ditemukan. Mencari orang seperti itu seperti mencari burung gagak berwarna putih. Orang-orang yang senang menolong makhluk Alloh tetapi tidak mau meminta bantuan dan pertolongan orang lain adalah wali-wali Alloh yang sengaja diutus oleh-Nya sebagai Rahmatan Lil-Alalamin. Di antara mereka ada yang bertitel “Al-Ghouts” yang artinya Sang Penolong, seperti Syekh Abdul Qadir Al-Jailani yang bertitel Al-Ghouts As-Shomadani, sang penolong yang menjadi tempat berminta orang banyak. (MD Royyan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here