Kiai Danial: Jihad Fil Medsos Fardhu Ain Alaikum

0
28

Kendal, pcnukendal.com – NU Kendal Online NUKO harus maju, anak – anak muda NU harus terlibat bicara lewat medsos, jihad fil medsos fardhu ain alaikum.

Demikian disampaikan Ketua PCNU Kabupaten Kendal, KH Mohammad Danial Royyan pada puncak peringatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama Kendal Online (NUKO) ke-2 dan Harlah Bank Nusamba ke-31 di Aula Nusamba Gondang Cepiring, Ahad (21/3).

“Jadi sekarang itu bukan lagi al jihadi bissyuyuuf (jihad dengan pedang) atau bissinan (tombak) tapi jihad bil lisan atau bi tulisan dikembangkan melalui medsos,” canda KH Danial memelesetkan kata “tulisan” (bahasa Inonesia) menjadi seolah-olah bahasa Arab.

KH Danial amat mengapresiasi LDNU dan NUKO dan anak muda NU yang gemar menulis, karena bisa mengekspresikan potensi dalam dirinya untuk menebarkan ahlussunah waljamaah.

“Kita berkewajiban bukan hanya mempertahankan eksistensi ahlussunah waljamaah sebagai fikrah, NU sebagai harakah, dan Islam nusantara sebagai bentuk kongkrit perpaduan antara fikrah dan harakah, namun juga harus menyebarkannya”.

“Maka jargon dalam harlah kali ini adalah menebarkan ahlussunah wal jamaah (Aswaja), menyebarkan paham ahlussunah waljamaah, bukan hanya mempertahankan. Melainkan juga melakukan aswajanisasi”.

“NU sudah diakui intelektual dunia, sekarang NU didukung ulama – ulama besar dunia seperti Syeikh Wahbah Suhaimi dan Sayyid Fadhil Jailani, cicit Syekh Abdul Qodir al Jailani. Untuk menghormati beliau, pada bulan puasa besok saya akan buka pengajian Nasoihul Jailani atau Nasehat-nasehat Jailani”.

“Alhamdulillah sekarang ini rating media NU naik, sekarang NU menjadi sandaran. Sandaran ini berasal dari kata sanad (bahasa Arab). Sanad ini bukan hanya sanad ekonomi atau kehartaan saja tapi juga sanad ideologi atau fiddiin wa aqidah atau ideologi ahlussunah wal jamaah al wasatiyah, moderasi islamiyah, bukan Islam yang model-model”.

KH Danial yang dikenal suka menulis amat mengapresiasi Lomba Penulisan Tokoh NU Kendal yang diselenggarakan oleh NU Kendal Online (NUKO) dan meminta Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU mengadakan workshop bagaimana menulis dengan baik.

Direktur Bank Nusamba, Bambang Susanto berharap NU Kendal Online makin berkembang dan maju. “Selamat dengan adanya lomba, moga makin nambah keilmuan dan wawasan para pemuda NU. Kami berterima kasih dan berbahagia karena Nusamba diikutkan dalam acara-acara yang sangat mulia. Harapannya terus bisa bermitra, terus berlanjut untuk tahun-tahun yang akan datang”.

Sekretaris NU Kendal Online, Moh Fatkhurahman dalam sambutannya antara lain menyampaikan, lomba penulisan tokoh NU Kendal sebagai upaya menumbuhkan budaya menulis bukan sekedar membaca. Diharapkan nantinya tulisan-tulisan yang dikirimkan ke Panitia Lomba dapat dijadikan dalam satu buku Tokoh NU Kendal setelah dilakukan perbaikan-perbaikan dan penambahan sumber tulisan.

Acara harlah dilakukan secara live youtube dan zoom meeting yang selengkapnya dapat disimak melalui link https://www.youtube.com/watch?v=xFy1wy57KfQ. Untuk para juara lomba penulisan tokoh NU Kendal dapat dibuka di link https://pcnukendal.com/inilah-juara-lomba-penulisan-tokoh-nu-kendal/.

Selain penyerahan piala, hadiah, dan uang pembinaan kepada para juara, saat harlah juga dilakukan penganugerahan penghargaan kepada 6 kontributor berita dan tulisan yang paling produktif. Mereka adalah Nur Fadhil Maarif (Kendal), Nazlal Firdaus Kurniawan (Weleri), Abdul Malik (Sukorejo), Sugeng Riyadloh (Kendal), Miftakhul Falakh (Gemuh), dan Yusuf Setia Budi (Kendal). (Moh Fatkhurahman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here