KH Maimun Zubair Cermin Sikap Tawasuth dan Tasamuh

0
114

Sarang, pcnukendal.com – Sikap tawasuth (moderat) dan tasamuh (toleransi) yang dikembangkan oleh Nahdlatul Ulama sudah diimplementasikan oleh almaghfurllah simbah KH Maimun Zubair pengasuh ponpes Al Anwar Sarang Rembang sekaligus mustasyar PBNU yang tercermin dalam ucapan, sikap dan perilaku keseharian dalam berinteraksi dengan berbagai kalangan semasa hidupnya.

Demikian dikatakan ketua PBNU KH Said Aqil Siroj saat mengisi ceramah di Ponpes Al Anwar Sarang Rembang, Senin (12/8) pada acara Tahlil Tujuh Hari wafatnya KH Maimun Zubair.

“Kalau ingin belajar sikap tawasuth dan tasamuh belajar dan bercerminlah kepada mbah Maimun Zubair dalam perilaku keseharian beliau waktu masih hidup,” tegas kyai Said.

Dijelaskan kyai Said, bagaimana mbah Maimun berinteraksi dengan semua kalangan baik santri maupun menteri, pejabat maupun rakyat, konglomerat maupun orang melarat semua dilayani dengan sama. Oleh karenanya tidak heran kalau mbah Maimun diterima dan ada dihati semua kalangan baik kalangan politisi, birokrasi, agamawan, pebisnis, santri maupun rakyat jelata.

lebih lanjut Said Aqil mengatakan bahwa sikap tawasuth hanya bisa dijalankan oleh orang-orang yang mempunyai pengetahuan (ilmu) sedangkan sikap tasamuh hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang berakhlaq mulia.

“Pada diri mbah Maimun melekat dua syarat itu, baik alim maupun akhlaq, sehingga sikap keseharian mbah Maimun sudah mencerminkan sikap tawasuth dan tasamuh dan bisa diteladani oleh warga NU,” tambahnya.

Disamping perilakunya mencerminkan sikap tawasuth dan tasamuh, kyai Said juga mengakui mbah Maimun sebagai sosok kyai kharismatik yang dekat dengan umat serta mengayominya.

Pada akhir ceramahnya, kyai Said berharap putra-putra beliau bisa melanjutkan dan meneruskan estafet kepemimpinan pondok Al Anwar Sarang dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin berat.

“Satu putranya yang alim saja sebenarnya cukup untuk melanjutkan mbah Maimun. Tapi mbah Maimun meninggalkan putra yang banyak dan alim semua. Maka itu jaminan lebih dari cukup,” pungkasnya. (Fahroji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here