KENTUT, ADA APA DENGANNYA ?

0
72

Definisi

Kentut atau Flatulensi adalah keluarnya gas melalui anus atau dubur akibat akumulasi gas di dalam perut (terutama dari usus besar atau kolon). Peristiwa keluarnya gas disebut juga kentut atau sering disebut juga buang angin. Kentut biasanya ditandai dengan rasa mulas di perut. Dan biasanya berbau busuk.Ini sering menjadi pertanda kalau seseorang:

  1. Kelebihan makan makanan tertentu.
  2. Ingin buang air besar.
  3. Mengalami efek samping obat-obatan tertentu.
  4. Menderita konstipasi atau sembelit.
  5. Sedang masuk angin.

Akibat Hukum

  1. Dua orang muslim berlainan jenis dan tidak ada hubungan kemahroman telah berwudlu lalu bersinggungan dan bertemu kulit, maka wudlu kedua orang menjadi batal menurut madzhab Syafii, tidak batal menurut madzhab Hanafi.
  2. Binatang anjing itu hukumnya najis mugholladhoh menurut madzhab Syafii, maka benda yang terkena mugholldhoh harus dibasuh tujuh kali, salah satunya dicampur debu. Tetapi menurut madzhab Maliki anjing itu tidak najis meski haram memakan dagingnya. Madzhab Maliki ini bisa ditaqlidi TKW yang bekerja di Korea atau di Hongkong yang saban hari bekerja memandikan anjing.
  3. Kentut itu membatalkan wudlu menurut semua madzhab empat dan juga menurut madzhab jakfari, zaidi, ibadli dan dhohiri.

Apakah keburukan kentut sangat tinggi melebihi keburukan anjing dan keburukan-keburukan yang lain, sampai delapan madzhab fiqih berijmak menganggapnya buruk.

Pantesan saja kalau :

  1. Bau kentut dinggap sebagai bau paling tidak sedap dibanding semua bau yang tidak sedap. Dan kentut manusiapun tetap dianggap sama buruknya dengan kentut binatang.
  2. Pemimpin yang tidak cakap dalam memimpin sering dianggap seperti kentut, hingga pengikut-pengikutnya dibolehkan mufaroqoh.
  3. Orang yang kentutnya tidak bersuara tetapi bau tidak sedapnya menyengat disamakan dengan teroris yang terlepas dari jangkauan Densus 88.
  4. Anehnya, banyak orang sakit perut menginap lama di rumah sakit dan mengeluarkan banyak biaya hanya sekedar ingin bisa keluarkan kentut. Sehingga kentut yang buruk itu ternyata harganya juga mahal, dan pelakunya bisa lega setelah bisa mengeluarkannya.

Dengan demikian, pertanyaan yang berbunyi : Ada apa dengan kentut?, melalui tulisan bernuansa anekdot ini menjadi terjawab. Semoga bermanfaat. (MD Royyan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here