Warga Jungsemi Peringati Haul Simbah Laitsiddin

0
132

img_1527

Kangkung, pcnukendal.id – Warga desa Jungsemi Kecamatan Kangkung pada Sabtu-Ahad (3-4/12/) menyelenggarakan Peringatan Haul Simbah Laitsiddin dan sesepuh desa Jungsemi. Kegiatan tersebut berlangsung khusyuk dan khidmat dan dihadiri sedikitnya 1500 warga desa Jungsemi dan warga desa sekitar. Hadir pula dalam kegiatan tersebut dari unsur NU, IPNU, IPPNU, Ansor, Fatayat, Muslimat, organisasi kepemudaan dan kepolisian.

Kegiatan tahunan yang sudah menjadi tradisi tersebut diawali dengan ziarah bersama pada Sabtu malam ke makam simbah Laitsiddin di komplek pemakaman Kemangi. Selepas jama’ah sholat Isya, warga berduyun-duyun mendatangi keramat yang terletak di tengah persawahan dekat dengan laut Jungsemi itu. Pembacaan tahlil dan surat Yasin menghiasi ziarah tersebut.

Pada hari Ahad, kegiatan dilaksanakan dengan pengajian di kompleks masjid Mafatihut Tawwabin dusun Srandu Desa Jungsemi Para hadirin tampak mengikuti dengan seksama sesi acara yang dimulai dengan pembacaan ayat suci Alqur’an, tahlil, sambutan-sambutan dan tausiyah itu. H. Ghufron Bisri dari Semarang hadir mengisi pengajian tersebut.

img_1445

Dalam tausiyahnya, beliau menyampaikan bahwa peringatan haul adalah tradisi yang harus dilestarikan secara turun temurun di masyarakat. Haul juga memperingatkan kita untuk menghadapi kehidupan setelah kematian.

“Kita mesti mempersiapkan bekal sebaik-baiknya dengan memperbanyak amal shaleh,” Terang H. Ghufron.

Ustadz Nasikin selaku panitia menandaskan bahwa agenda haul Simbah Laitsiddin tersebut dilangsungkan sebagai sarana untuk mengenang dan memotivasi diri dengan melihat perjuangan Simbah Laitsiddin dan sesepuh desa Jungsemi. Selain itu, haul juga dijadikan sarana “birrul walidain terhadap tokoh yang sangat berjasa dalam asal muasal desa Jungsemi.

“Simbah Laitsiddin adalah seorang tokoh yang sangat berjasa atas keberadaan kita di desa Jungsemi. Karena itu, dalam kegiatan ini, kami mengajak seluruh elemen untuk turut serta mengirim doa untuk beliau dan para sesepuh desa Jungsemi,” tutur Nasikin. (Mufty/Zubair)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here