Jelang Ramadan, Ansor Gemuh Ziarah Makam Wali

0
31

Gemuh, pcnukendal.com – Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Gemuh menggelar wisata religi dengan berziarah ke sejumlah makam Waliyullah.

Kegiatan yang melibatkan 90 peserta dari GP Ansor, Banser dan masyarakat umum tersebut dilaksanakan pada Sabtu (03/04). Rombongan dipimpin oleh Ketua Bidang Rijalul Ansor Gemuh, Gus Ibnu Mundzir. Adapun tempat tujuan ziarah meliputi Makam Sunan Bonang Tuban, Syekh Ibrahim Asmoroqondi Tuban, Sunan Kalijaga Demak, dan Makam Syekh Jumadil Kubro Semarang.

Ketua panitia kegiatan, Mukaror menjelaskan selain untuk menyambut bulan suci Ramadan, kegiatan juga bertujuan memperkuat ideologi organisasi, karena menurutnya dengan berziarah kita akan selalu mengingat perjuangan para wali yang selalu menjadi panutan para ulama dan kiai NU.

“Dalam berdakwah, para wali selalu mengedepankan nilai-nilai sosial, mengayomi dan menghargai, tidak pernah dalam sejarah para wali dalam perjuangannya menggunakan kekerasan. Ajaran ahlussunan wal jama’ah yang kita pegangi merupakan warisan para wali yang dikembangkan oleh para ulama dan kiai NU sampai sekarang,” terang Mukaror.

Ketua PAC GP Ansor Gemuh, Muhammad Syaiful Ulum menyampaikan wisata religi termasuk program kerja PAC GP Ansor Gemuh sebagai salah satu upaya GP Ansor dalam menjaga, merawat, dan melestarikan amaliah ahlusunnah wal jama’ah.

Alhamdulillah, program wisata religi ini dapat terlaksana ditahun kedua, meski sebenarnya ini adalah program kerja tahun pertama. Saya berharap ke depan program ini dapat dilaksanakan setiap tahun,” ungkap Syaiful Ulum.

Amaliah ziarah ini juga harus dikenalkan kepada anak-anak sejak dini. Hal ini bisa dimulai dengan mengajak ziarah ke makam orang tua atau keluarga yang sudah meninggal. Selain untuk melestarikan tradisi dan amaliah NU, juga sebagai bentuk birru walidain, pungkasnya. (Falakh/Muf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here