JANGAN TAKUT KEPADA JIN

0
33

Nabi Sulaiman AS didatangi tamu yaitu sepasang burung Deruk (deruk cekutur kuk atau kuk deruk gok sama saja). Sepasang deruk itu melaporkan bahwa tiap kali bertelur, telurnya diambil Paijo, sehingga tidak bisa punya anak, dan di khawatirkan terjadi kepunahan species deruk.

Spontan Sulaiman memerintah kepada kopassusnya kaum jin bernama Ifriet, agar menjatuhkan tangga yang dipanjat Paijo untuk ngundduh ndok deruk. Sebelum pergi mengunduh ndok deruk, Paijo didatangi pengemis yang lapar, maka Paijo bersedekah sepiring nasi kepada pengemis itu. Dengan sedekah itu Alloh memerintah malaikat agar menjaga keamanan Paijo.

Ketika menyandarkan tangga di pohon, Ifriet siap menjegal Paijo, namun dia dijaga malaikat. Ifriet: “Siapa kamu, kok berani menghalangiku? Aku ini utusan Nabi Sulaiman”. Malaikat menyahut: “Jika kamu utusan Sulaiman, maka aku ini utusan Tuhannya Sulaiman”. Ifriet dikalahkan oleh malaikat, maka Ifriet pun gagal melaksanakan tugas Nabi Sulaiman. Paijo dengan sedekah di lindungi oleh malaikat utusan Alloh dan bisa aman dari gangguan jin Ifriet.

Sedekah yang dilakukan Paijo dinamai صدقة لدفع البلاء  atau sodakoh tolak balak. Wallohu A’lam Bisshowab. (MD Royyan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here