Islam Yes, Khilafah No!

0
125

Khilafah adalah bagian dari ijtihad masa lampau. Sejak tahun 1924 layar khilafah telah tertutup. Sudah bubar. Mempelajari sistem khilafah masa lalu akan nenyadarkan kita bahwa sistem ini sudah tidak relevan lagi untuk dihidupkan kembali.

Khilafah bukan inti ajaran Islam. Tidak terdapat dalam rukun iman dan rukun Islam. Menolak sistem khilafah tidak lantas membuat keislaman kita terganggu. Ini bukan perkata aqidah. Sekali lagi, khilafah adalah perkara ijtihadiyah. Sejatinya Islam tidak menetapkan sistem yang baku untuk mengatur urusan negara.

Itu semua kita ketahui lewat membaca buku sejarah perjalanan khilafah, dari mulai periode Khulafa ar-Rosyidin sampai masa dinasti Umayah (yang dibahas dalam buku jilid ke -1) dan masa dinasti Abbasiyah (yang dibahas buku jilid ke-2).

Anda akan segera berjumpa kembali dengan kutipan kitab-kitab klasik yang diakui otoritasnya dalam keilmuan keislaman, plus penjelasan ciamik, santai dan guyon yang diracik dengan keilmuan keislaman lainnya seperti tafsir, dan fiqih siyasah. Lewat buku ini, tanpa sadar, anda telah dibawa dalam khasanah dan tradisi keilmuan Islam yang luar biasa.

“Tuan dan Puan harus siap membaca sejarah politik umat Islam secara apa adanya. Jangan dibumbui seolah kelakuan para penguasa muslim itu pasti mengacu pada wahyu. Dalam buku ini Doktor Nadirsyah Hosen telah membeberkan secara kritikal betapa getirnya perjalanan sejarah Islam di tangan kekuasaan dinasti itu, termasuk yang berlaku pada Dinasti Abbasiyah”. (Ahmad Syafi’i Maarif, Pendiri Ma’arif Institute, Jakarta)

“Membaca serial tulisan Gus Nadir tentang sejarah khilafah bisa membuat kita terkejut dan tersentak dari tempat duduk kita. Agama yang penuh kasih sayang memang tak bisa dicampur dengan kekuasaan yang sarat dengan intrik dan kekerasan. Ini bacaan wajib untuk mereka yang terilusikan oleh kehebatan khilafah setelah Nabi SAW wafat”. (Abdullah Toha, Pendiri dan komisaris utama Group Mizan)

“Sejarah khilafah ternyata penuh intrik dan banyak juga khalifah yang gaya memerintahnya terhitung nyentrik. Membaca buku ini serasa sedang menonton film Game of Thrones versi khilafah. Bikin ketagihan!”. (Yenny Zannuba Wahid, direktur eksekutif Wahid Fondation)

Data Buku :
Judul : Islam Yes, Khilafah No !
Penulis : Nadirsyah Hosen (Rois Syuriyah PCI NU New Zealand)
Penerbit : Suka Press, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Info : 082135050118

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here