Ingin Lahirkan Wirausaha Baru, Fatayat NU Kendal Gelar Pelatihan

0
146

Rowosari, pcnukendal.com – Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Kendal bekerjasama dengan Ditjen Binapenta dan PPKK Kementerian Tenaga Kerja RI menyelenggarakan pelatihan olahan hasil laut dan packaging. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari, Rabu-Jumat (14-16/10) di Gedung MWC NU Rowosari.

Ketua PC Fatayat NU Kendal, Siti Nikmallatif menyampaikan kegiatan itu merupakan salah satu ikhtiar PC Fatayat dalam memberdayakan ekonomi anggota dengan melahirkan wirausaha-wirausaha baru yang handal dan berkualitas.

“PC Fatayat merupakan salah satu dari sekian organisasi yang pada tahun 2020 ini mendapatkan program Pelatihan Tenaga Kerja Mandiri dari Kementerian tenaga kerja RI senilai 70 juta rupiah,” katanya.

Nikmallatif berharap pelatihan itu benar-benar dapat memberikan bekal ilmu untuk mengembangkan usaha.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kendal, Sukron Samsul Hadi berkesempatan membuka kegiatan tersebut. Sukron berharap kehadiran wirausaha-wirausaha baru dari Fatayat mampu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Kendal.

“Fatayat NU Kendal dapat dijadikan role model organisasi masyarakat yang selalu berperan aktif bekerjasama dengan pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Sukron.

Kegiatan diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari anggota Fatayat di Kecamatan Rowosari. Adapun narasumber diambil dari unsur birokrasi dan pelaku usaha. Dari birokrasi hadir Staff Ahli Menteri Tenaga Kerja Khizzanatur Rohmah dan Kasi Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kendal Wisnu Budi Santosa. Sedangkan dari pelaku usaha hadir Hj. Risalatul Muawanah pemilik Risa Catering dan Hj. Ma’rifah pemilik usaha Rumah Al Hajj.

Beberapa materi yang disampaikan pada kegiatan itu antara lain motivasi berwirausaha, kebijakan daerah dalam mengembangkan tenaga kerja mandiri dan meningkatkan produk lokal, managemen keuangan dalam berwirausaha. Materi disampaikan dengan metode ceramah dan praktik. Peserta diajak untuk mempraktikkan pengolahan ikan laut. Tak hanya itu, peserta juga dibekali peralatan pengolahan ikan dengan harapan peserta dapat mengembangkan usaha di tempat masing-masing. (Afida-Taufik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here