Ikhtiar Tangkal Covid-19, Fatayat NU Kendal Selesaikan 1500 Khataman Alquran

0
226

Kendal, pcnukendal.com – Pengurus Cabang Fatayat NU Kendal bersinergi dengan lembaga IHF (Ikatan Hafidhoh Fatayat) dan JMQH (Jamiyyah Mudarasatul Qur’an Al Hafizah) menggelar Khataman Alquran Kubro, Jumat (22/5) bertepatan dengan tanggal 29 Ramadan 1441 H.

Khataman yang dimulai pukul 05.00 Wib itu dilakuan via zoom meeting.  Khataman dilaksanakan setelah sebelumnya telah dilakukan tadarus Alquran serentak oleh Pengurus Cabang hingga Pimpinan Ranting dari tanggal 10 April hingga 22 Mei 2020. Dari target semula 1000 khataman, akhirnya dapat menyelesaikan 1500 khataman.

Acara dibuka oleh Luthfiyah Alhafidhoh, sekretaris IHF Kendal. Khataman diawali dengan pembacaan hadroh yang dikhususkan untuk para masyayih, tokoh pejuang nahdhatul ulama, Muslimat  dan Fatayat NU.

Menurut Ketua PC Fatayat NU Kendal, Siti Ni’mallatif, acara itu diadakan sebagai wujud tahadduts bin ni’mah atas Harlah Fatayat NU ke-70 yang biasanya diperingati setiap  tanggal 24 April. Namun pada tahun ini diperingati dalam suasana penuh keprihatinan.

Selain itu, acara tersebut juga sebagai ikhtiar batiniyah agar wabah Covid-19 cepat  selesai.

“Kita usaha lewat doa, yakni melalui bacaan-bacaan Alquran, salawat dan ikhtiar doa-doa lain,” tutur Ni’mallatif.

Ia juga menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga, berusaha untuk tidak keluar rumah, dan menerapkan protokol kesehatan mengingat bahaya wabah Covid-19 yang masih belum usai.

Di tempat lain, Hj. Wardatun Naila Alhafidhoh selaku ketua IHF  menyampaikan tadarus  merupakan program rutin IHF yakni seminggu sekali khataman. Hal itu dilakukan agar para hafizah tetap semangat ber-murajaah agar hafalannya tetap terjaga.

“Dan akhirnya bisa mengamalkan isi, kandungan Alquran itu sendiri, serta agar hidup kita senantiasa dijauhkan dari segala musibah,” tuturnya. (Upik/Mf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here