Ida Alimatun Hidayat Pj Ketua PAC Muslimat NU Sukorejo

0
25

Sukorejo, pcnukendal.com – Untuk mengisi kekosongan jabatan ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Sukorejo pasca terpilihnya Hj. Niken Larasati sebagai Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU dalam Konferensi Cabang (Konfercab) Muslimat NU Kendal beberapa waktu lalu, PAC Muslimat NU Sukorejo menggelar rapat pleno. Rapat dengan agenda tunggal pengisian kekosongan jabatan tersebut digelar, Rabu (17/3) di sebuah rumah makan di Sukorejo.

Dalam rapat tersebut, Ida Alimatun Hidayat yang sebelumnya menjabat wakil ketua, sesuai mekanisme yang ada ditetapkan sebagai Penjabat (Pj) ketua PAC Muslimat NU Sukorejo meneruskan masa khidmat hingga tahun 2025. Siapa sosok Ida Alimatun Hidayat? berikut penelusurannya.

Perempuan yang akrab dipanggil Mbak Ida ini adalah putri sulung almarhum H. Muhammad Nur Hidayat, mantan Ketua MWC NU Sukorejo periode 1998-2003 hasil pernikahannya dengan Hj. Maesaroh yang tinggal di Dusun Getas Ngisor Desa Trimulyo Sukorejo. Darah perjuangan nampaknya mengalir dari bapaknya yang juga pernah menjabat kepala MTs NU 13 Arrahmat Sukorejo.

Kesibukannya di wilayah domestik rumah tangga sebagai kewajiban utamanya menyebabkan perempuan kelahiran 23 Mei 1974 ini tidak begitu dikenal di komunitas Fatayat NU Kecamatan Sukorejo. Kariernya di Fatayat hanya mentok sampai jabatan ketua Ranting Fatayat NU Desa Trimulyo untuk kemudian sesaat menghilang dari peredaran.

Namun demikian, sesungguhnya Ida yang sempat mengenyam bangku kuliah di Unsiq Wonosobo adalah kader potensial PAC IPPNU Sukorejo pada zamannya. Ida Alimatun tercatat pernah terpilih menjadi ketua PAC IPPNU Sukorejo hasil Konferancab IPNU-IPPNU ke-2 tahun 1995 bersamaan dengan terpilihnya ketua PAC IPNU Sukorejo Mujiyono menggantikan Fahroji dan Wahmi Nur Afni.

Setelah vakum beberapa saat dari kegiatan Banom NU yang beranggotakan perempuan muda itu, Ida kemudian ditarik menjadi sekretaris PAC Muslimat NU Sukorejo dan kemudian naik posisi menjadi wakil ketua. Dengan terpilihnya Hj. Niken Larasati sebagai ketua PC Muslimat NU Kendal, mau tidak mau Ida harus mau meneruskan estafet kepemimpinan PAC Muslimat NU Sukorejo.

Dengan ditetapkannya Ida Alimatun Hidayat sebagai Pj. Ketua PAC Muslimat Sukorejo maka babak baru NU dan Banom NU Sukorejo akan segera dimulai yakni munculnya kader-kader pergerakan berjiwa petarung hasil pengkaderan IPNU-IPPNU era 90-an. Ibarat menanam pohon jati maka setelah puluhan tahun baru kelihatan hasilnya. Selamat berkhidmat untuk Mbak Ida. Semoga Allah SWT melimpahkan kesehatan, kekuatan dan keselamatan. (Fahroji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here