IBLIS GAGAL BERTAUBAT

0
57

Iblis yang terkenal sebagai makhluk Alloh yang paling jahat itu ternyata mempunyai keinginan untuk bertaubat kepada-Nya karena ingin membangun integritasnya yang sudah terlanjur hilang itu. Untuk merealisasikan keinginannya itu dia mendatangi Nabi Musa untuk meminta bantuannya menghaturkan keinginan taubatnya kepada Alloh SWT.

Iblis : “Wahai Musa, engkau adalah Rasul yang dipilih oleh Allah SWT dan engkau adalah Kalimulloh dan Najiyyulloh, yakni orang yang berbicara langsung dengan Allah SWT dan tiap malam bermunajat kepada-Nya. Sedangkan aku hanyalah makhluk yang paling banyak berdosa kepada-Nya. Saya inginkan bantuanmu jika malam nanti bermunajat kepada-Nya, tanyakanlah apakah Alloh berkenan menerima taubatku?”.

Musa : “Insya Alloh nanti malam akan aku sampaikan kepada-Nya”.
Keesokan harinya Iblis mendatangi Musa dan bertanya : “Bagaimana hasil munajatmu tadi malam, apakah Alloh berkenan menerima taubatku?”

Nabi Musa : “Sesungguhnya Alloh itu Maha Menerima Taubat Lagi Maha Penyayang (ان الله هو التواب الرحيم) tentu berkenan menerima taubatmu, tetapi engkau disuruh Allah SWT untuk ziarah ke kubur Adam dan bersujud di atas kuburnya, maka taubatmu akan diterima”.

Iblis: “Ketika Adam masih hidup saja aku tidak mau bersujud kepadanya, apalagi aku disuruh untuk ziarah dan bersujud di atas kuburnya, maka aku tidak sudi melakukannya”.

Nabi Musa : “Iblis, kesombonganmu itulah yang menjauhkamu dari rahmat Alloh SWT dan menjadikanmu mendapat laknat-Nya”.

Tausiyah :
1. Kesombongon dan kedengkian ternyata menjadi penyebab kekafiran dan sekaligus menjauhkan seseorang dari rahmat Alloh SWT. Maka jangan suka menanam benih kesombongan dan kedengkian di dalam hati !.
2. Jangan-jangan orang-orang yang menolak ziarah kubur itu sedang menirukan Iblis atau terdaftar sebagai murid-muridnya ?
Wallohu A’lamu Bisshowab. (MD Royyan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here