HUKUM MENGGUNAKAN INTERNET

0
48

Pertanyaan :

Bagaimana hukumnya main internet? (Rahmat Hidayat 085832877655)

Jawaban :

Yth. Sahabat Rahmat Hidayat

Internet adalah media paling canggih dibanding media-media lain seperti radio, televisi dan sebagainya. Di dalam internet masih ada media-media lain seperti facebook, twitter dan sebagainya. Internet merupakan media yang bisa digunakan untuk tujuan kebaikan seperti pencarian informasi, periklanan, alat transaksi dll. Dan dapat juga untuk tujuan keburukan seperti situs-situs porno, atau seperti digunakan sebagai sarana penipuan.

Oleh karena itu hukum penggunaannya tergantung kepada tujuan penggunanya. Menurut Imam Izzuddin bin Abdissalam, wasilah (media) yang mendorong kepada kemaslahatan, maka akan mendatangkan pahala yang lebih besar. Wasilah (media) yang mendorong kepada kerusakan, maka akan mendatangkan dosa yang lebih besar.

Orang yang membuat website atau meng-upload hal yang baik di dalam internet, dia akan memperoleh pahala dari perbuatannya sendiri dan pahala dari orang-orang yang membaca atau meng-downloadnya. Sebaliknya, orang yang membuat website atau meng-upload hal yang buruk bersifat maksiat dalam internet, dia akan memperoleh dosa dari perbuatannya sendiri dan dosa dari orang-orang yang yang membaca atau meng-downloadnya.

Dasar Pengambilan Dalil :

  1. قواعد الأحكام في مصالح الأنام جزء أول ص 84 و 87 :

كلما قويت الوسيلة في الأداء إلى المصلحة كان أجرها أعظم من أجر ما نقص عنها . وكلما قويت الوسيلة في الأداء إلى المفسدة كان إثمها أعظم من إثم ما نقص عنها

  1. منهج السلف في فهم النصوص بين النظرية والتطبيق ص 357

مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا بَعْدَهُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُوْرِهِمْ شَيْئٌ ، وَمَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْئٌ

KONSULTASI AGAMA

Diasuh oleh : H. Mohammad Danial Royyan

Ketua PCNU Kabupaten Kendal

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here