GAS DARI BENDA NAJIS

1
235

 

A. Pertanyaan :

Bagaimana hukumnya menggunakan gas yang berasal dari najis, seperti kotoran sapi yang telah diproses sehingga menjadi bahan yang menghasilkan gas, untuk memasak makanan? Dan bagaimana hukum makanan dan minuman yang dimasak dengan gas tersebut? – Wuddir Rahman.

B. Jawaban

Yth Pak Wuddir Rahman,

Gas yang berasal dari kotoran sapi atau kotoran binatang yang lain termasuk katagori Bukharun Najis (asap benda najis). Hukum asal dari asap benda najis adalah najis, karena asap itu memiliki atsar (pengaruh yang ditimbulkan) sama seperti benda najis yang menjadi sumber asap. Akan tetapi asap benda najis bisa termasuk najis yang ma`fu (dima`afkan), menurut madzhab-madzhab sebagai berikut :

  1. Menurut madzhab Hanafi, dalam kondisi darurat, asap, debu dan arang dari benda najis termasuk najis ma`fu.
  2. Menurut madzhab Maliki, semua najis yang sulit dihindari (ta`assurul ihtiraz), bisa dianggap najis ma`fu apabila terkait dengan shalat dan masuk masjid, tidak terkait dengan makanan dan minuman.
  3. Menurut madzhab Syafi`i, najis yang sulit dihindari bisa termasuk najis ma`fu dalam kondisi tertentu.
  4. Menurut madzhab Hanbali, asap, debu dan uap dari benda najis yang sedikit termasuk najis ma`fu apabila sulit dihindari.

Dari uraian di atas, pendapat madzhab yang sharih (jelas) tentang gas yang berasal dari kotoran najis adalah pendapat ulama` dari madzhab Hanafi dan Hanbali. Kedua madzhab ini membolehkannya apabila dalam kondisi darurat (keterdesakan) atau ta`assurul ihtiraz (sulit menghindari) sehingga gas yang berasal dari kotoran najis boleh digunakan untuk memasak makanan dan minuman. Dan makanan dan minuman yang dimasak dengan asap benda najis tidak menjadi najis. Pendapat ulama` dari kedua madzhab itu boleh diamalkan oleh penganut madzhab Syafi`i dengan menempuh jalan intiqal madzhab (pindah madzhab). Intiqal madzhab dibolehkan oleh Syekh Ibn Hajar Al-Haitami sebagaimana dikutip dalam Al-Fawa`idul Makkiyyah halaman 60-61, sepanjang tidak melakukan Talfiq (merangkap dua madzhab dalam satu masalah). Dan perlu diketahui bahwa kelangkaan dan mahalnya harga LPG atau bahan bakar lain bisa dianggap sebagai kondisi darurat.

C. Sumber Pengambilan Dalil :

1. الفقه الاسلامي وأدلته ص 323 و 324 و 329 :

       ويعفى للضرورة عن بخار النجس وغباره ورماده لئلا يحكم بنجاسة الخبز في سائر الأمصار . ويعفى عن كل ما يعسر التحرز عنه من النجاسات بالنسبة للصلاة ودخول المسجد لا بالنسبة للطعام والشراب . وعن يسير دخان نجاسة وغبارها وبخارها ما لم تظهر له صفة في الشيئ الطاهر لعسر التحرز .

2. الفوائد المكية ص 60 – 61 :

        واعلم أن الأصح من كلام المتأخرين كالشيخ ابن حجر وغيره أنه يجوز الانتقال من مذهب إلى مذهب من المذاهب المدونة ولو بمجرد التشهي سواء انتقل دواما أو في بعض الحادثة .

KONSULTASI AGAMA

Diasuh oleh : H. Mohammad Danial Royyan

Ketua PCNU Kabupaten Kendal

1 KOMENTAR

  1. assalamualaikum
    mau tanya terkait hal ini (gas), apakah hukum korek api gas yang dibawa (misalnya di dalam saku) saat sholat? najiskah ?
    terima kasih
    wassalamualaikum

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here