Entrepreneurship Masuk SMA NU 03 Mu’alimin

0
167

img-20161115-wa0010

Weleri, pcnukendal.id – SMA NU 03 Muallimin Weleri merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang dibawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU. Sekolahan ini sudah banyak menghasilkan lulusan yang cukup kapabel di bidangnya. Ada da’i yang sudah punya “nama”, sebut saja Gus Takim yang sudah melalang buana sampai Hongkong, birokrat Kemenag Kendal H. Khaerudin, dan masih banyak lagi.

Satu-satunya SMA milik NU yang ada di kecamatan Weleri ini juga banyak menghasilkan atlet yang mampu bersaing di level Provinsi di antaranya silat SH Teratai, seni suara dan seni baca Al-Qur’an.

Salah satu upaya untuk menaikkan rating SMA NU 03 Muallimin adalah mensupport siswa untuk berkompetisi di berbagai bidang dengan cara memberikan reward berupa beasiswa.

SMA NU 03 Muallimin tidak hanya mendidik menjadi insan akademis saja, melainkan mencipta akademis yang berwawasan Qur’ani. Hal itu lantaran adanya mata pelajaran Aqidah Akhlak, Seni baca Alqur’an, Bimbingan Tulis Al-Qur’an dan ekstrakurikuler Seni Baca Al-Qur’an.

Selain itu juga mengajarkan siswa untuk berenterpreneurship atau kewirausahaan. Dan tidak hanya diajarkan secara teori, tapi juga praktek. Sehingga diharapkan nantinya bisa menumbuhkan jiwa wirausaha peserta didik.

Seperti halnya dengan yang dilakukan Siswa-siswi Kelas X. Mereka mengadakan praktek berwirausaha membuat beraneka makanan kecil yang sudah dilaksanakan setiap semester, di pelataran halaman Sekolah, Selasa (15/11).

Praktik ini juga dijadikan ajang perlombaan bagi masing-masing kelompok siswa guna meningkatkan kompetisi dan daya saing.

“Agar para siswa nantinya mampu hidup mandiri dan punya jiwa wirausaha,” ujar Bu Endang Setyowati, pengajar mata pelajaran Ketrampilan.

Adapun makanan kecil yang dilombakan adalah : dadar gulung, Klepon, Brownis, Putuayu, Bola-bola Ayam, Pisang Coklat, Donat, Resoles, Ayam, Pastel, dsb. (Makhrus/Syukron)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here