DITANYA “SIAPA NAMA ISTRI IBLIS?”, INI JAWABAN IMAM AS-SYA’BI

0
103

Imam Asy-Sya’bi adalah seorang tabi’in senior. Ia dikenal sebagai ahli hadits, dan berkompeten dalam bidang fiqih. Juga memiliki kepribadian yang cerdas, lembut hatinya, tajam analisanya, serta kuat hafalannya.

Saat hidupnya, ia pernah berjumpa dengan 500 sahabat Nabi SAW. Beberapa dari mereka pernah ia riwayatkan haditsnya, seperti Abu Hurairah dan Ali bin Abi Thalib.

Suatu saat seseorang pernah menemuinya dan bertanya, “Siapakah nama istri Iblis?”

Menanggapi pertanyaan “aneh” itu, Imam Asy-Sya’bi cukup menjawab : “Wah, maaf ya… Aku tidak pernah diundang ke acara pernikahannya.”

Begitulah, seorang yang cerdas akan menanggapi sebuah persoalan dengan mudah. Persoalan yang terkesan rumit, akan cair dengan sendirinya. Mudah-mudahan, kita dapat mengambil tauladan dari kepribadian Imam Asy-Sya’bi.

Tausiyah :
1. Jangan bertanya untuk mempersulit orang lain atau mengujinya. Imam Ali Bin Abi Thalib berkata :

سَلْ تَفَقُّهًا وَلا تَسَلْ تَعَنُّتًا ، سَلْ عَمَّا يَعْنِيكَ وَدَعْ مَا لا يَعْنِيكَ

“Bertanyalah untuk mencari kepintaran. Dan jangan bertanya untuk mencari kesulitan. Bertanyalah tentang apa yang berguna bagimu. Dan tinggalkan apa yang tak berguna bagimu”.

2. Jika menjadi orang pandai, carilah kemudahan dalam menghadapi kesulitan. Dan cairkan situasi ketegangan supaya menjadi keramahan. (MD Royyan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here