Desainer Jelaskan Makna Filosofis Logo Harlah NU Ke-95‎

0
202

Kendal, pcnukendal.com – Nahdlatul Ulama pada tanggal 31 Januari 2021 mendatang akan genap berusia 95 tahun dalam hitungan tahun Masehi. Khidmah NU: Menyebarkan Aswaja dan Meneguhkan Komitmen Kebangsaan menjadi tema Hari Lahir (Harlah) Ormas keagamaan terbesar di Indonesia itu pada tahun ini.

Seperti diketahui logo Harlah NU ke-95 telah ditunjukkan ke publik dengan makna filosofis yang terkandung di dalamnya. Sang desainer logo, Dain Nur Rafita Ardani Rahmansyah menjelaskan makna filosofis logo tersebut kepada NU Kendal Online melalui pesan Whatsapp, Selasa (19/1).

“Dalam desain tersebut terdapat dua bulatan yang menggabungkan angka sembilan dan lima di bagian tengah. Dua bulatan yang berbentuk seperti angka delapan ini dibuat dengan satu tarikan garis memiliki makna konsistensi atau keajegan, sesuai dengan tema yakni konsistensi khidmah NU dalam menyebarkan Aswaja dan meneguhkan komitmen kebangsaan, serta konsistensi dalam membawa Islam yang rahmatan lil alamin,” tulis lulusan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta itu.

Dilanjutkan, dalam logo Harlah yang dipadu dengan logo NU di atasnya dan tanggal serta tahun kelahiran NU di bawahnya ini, ada dua warna yang dominan yakni warna emas dan hijau. Dua warna ini dipadukan dengan apik sehingga mewujudkan logo yang terlihat bersinar. Warna emas menggambarkan kemuliaan, dan warna hijau melambangkan kedamaian.

Saat viral beredar twibbon berubahnya warna yang tidak sesuai dengan warna aslinya, pria asal Sleman Yogyakarta ini menuturkan. “Mengenai logo yang beredar dengan warna yang berbeda itu sih kalau menurut saya bagian dari ekspresi netizen saja, kalau saya sih gak terlalu mempermasalahkan, cuma sedikit menyayangkan saja, karena ada makna dibalik warna yang saya buat. Kalau sudah berubah warna maknanya pun akan hilang”, tuturnya.

Dain yang masih aktif sebagai creative director multimedia di media NU Online sejak 2017 mengaku pengerjaan desain logo tersebut membutuhkan waktu sekitar empat hari.

Terpisah, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Kendal, KH Moh. Muzakka Mussaif menanggapi ramainya logo Harlah NU ke-95 dengan berbagai platform software yang dijadikan foto profil dan status di media sosial oleh warganet. Ia melihat hal itu sebagai gejala positif yang menunjukkan adanya kekompakan dan rasa cinta terhadap NU.

“Ini justru penguatan sekaligus menandai kekuatan juga khususnya di medsos. Sebab yang menggunakan twibbon itu pasti warga NU atau sekurang-kurangnya merepresentasikan orang-orang yang cinta NU. Ada ghiroh besar terhadap ormas besar ini,” ungkap Kiai Muzakka yang juga pimpinan NU Kendal Online. (Firdaus/Muf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here