Dalil Shalat Tarawih 20 Rekaat

0
94
Oleh: Muhammad Umar Sa'id 

عن عائشة رضي اللَّه عنها أنه صلى الله عليه وسلم  خرج من جوف الليل في رمضان وصلى فى المسجد فصلى الناس بصلاته فأصبحوا يتحدثون بذلك وكثر

الناس فى الليلة الثانية فصلى وصلوا بصلاته.  فلما كانت الليلة الثالثة كثر الناس حتى ضاق المسجد على أهله فلم يخرج إليهم حتى خرج لصلاة الفجر فلما صلى الفجر أقبل عليهم وقال لهم إنه لم يخف على شأنكم الليلة ولكن خشيت أن تفرض عليكم صلاة الليل فتعجزوا عنها،  ثم توفي رسول الله  صلى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. والأمر على ذلك فى خلافة أبى بكر وصدر خلافة عمر رضي اللَّه عنهما ثم جمع عمر الرجال على أبي بن كعب والنساء على سليمان بن أبى حثمة. ولذلك  قال عثمان بن عفان فى خلافته نور الله قبر عمر كما نور مساجدنا. والمشهور أنه خرج لهم ثلاث ليال وهي ليلة ثلاث وعشرين وخمس وعشرين وسبع وعشرين ولم يخرج ليلة تسع وعشرين.  وإنما لم يخرج صلى الله عليه وسلم على الولاء رفقا بهم. وكان يصلى بهم ثمان ركعات لكن كان يكملها عشرين فى بيته وكانت الصحابة تكملها كذلك فى بيوتهم بدليل أنه كان يسمع  لهم أزيز كأزيز النحل وإنما لم يكمل بهم العشرين فى المسجد شفقة عليهم.

( ألإستمداد مأخوذ من كتاب حجة أهل السنة والجماعة الذي ألفه العالم الفاضل الشيخ على معصوم جوك جاكرتا صحيفة ٢٦ – ٢٧)

Terjemahan :

Dari Aisyah RA bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad SAW keluar rumah pada tengah malam pada bulan Ramadhan, dan beliau melaksanakan shalat di dalam masjid, kemudian diikuti oleh orang-orang yang ingin melaksanakan shalat malam bersama Nabi SAW. Setelah melihat kejadian itu, mereka memperbincangkan atas kejadian tersebut. Dan pada malam kedua Nabi SAW melaksanakan shalat malam lagi dan orang-orang pun melakukan shalat malam sebagaimana malam pertama. Maka tatkala tiba malam ketiga bertambah banyaklah orang-orang yang akan melaksanakan shalat malam bersama Nabi SAW, tetapi beliau pada malam ketiga itu tidak keluar dari rumahnya, hingga beliau keluar rumah untuk melaksanakan shalat subuh. Maka setelah beliau melaksanakan shalat subuh, beliau menemui mereka, dan beliau berkata kepada mereka, “Sesungguhnya saya tidak mengkhawatirkan keadaan kalian malam ini, akan tetapi saya khawatir jika shalat malam dianggap wajib atas kamu sekalian, sehingga menyebabkan kamu lemah akibat shalat malam itu“.

Kemudian Rasulullah SAW wafat, dan perintah adanya shalat malam tersebut dilanjutkan pada masa kepemimpinan Abu Bakar RA dan pada awal kepemimpinan Umar bin Khattab RA. Kemudian Umar bin Khattab RA memerintahkan kepada Ubay bin Ka’ab untuk mengumpulkan orang laki-laki dan Sulaeman bin Abi Hatsamah untuk mengumpulkan orang-orang perempuan. Sehubungan hal tersebut, Utsman bin Affan RA dalam kepemimpinannya pernah berdoa, “Ya Allah,  sinarilah kuburnya Umar bin Khattab RA sebagaimana Engkau menyinari masjid-masjid kami“.

Berdasarkan pendapat yang masyhur, bahwa Nabi Muhammad SAW keluar rumah itu terjadi hanya pada tiga malam hari, yaitu malam 23, 25 dan 27. Sedangkan beliau tidak keluar rumah pada malam 29. Beliau tidak keluar rumah dan tidak melaksanakan shalat malam atas dasar semata-mata karena kasih sayang dan persahabatan beliau dengan mereka. Dan beliau melakukan shalat malam hanya delapan rekaat, akan tetapi beliau menyempurnakan hingga dua puluh rekaat di rumahnya, dan para sahabat pun menyempurnakandua puluh rekaat di rumah mereka, melalui petunjuk bahwa sesungguhnya telah diperdengarkan kepada para sahabat tadi suara gemuruh seperti gemuruhnya lebah. Dan Nabi SAW tidak menyempurnakan shalat malam hingga 20 rekaat di masjid dengan alasan kasih sayang kepada mereka”. (Referensi diambil dari Kitab Hujjatu Ahlissunnah Waljamaah karya  Syeikh Ali Ma’shum Yogyakarta hal 26-27).

Kesimpulan :

1. Hadits sanad dari Aisyah RA di atas sering dipakai oleh golongan yang melaksanakan shalat tarawih 8 rekaat dengan 4 rekaat 1 kali salam;

2. Jika mereka berpendapat bahwa shalat tarawih itu delapan rekaat dengan 4 rekaat 1 kali salam, berarti mereka hanya berhak melakukannya pada tiga malam saja, sebab malam berikutnya Nabi SAW keluar rumah tidak melaksanakan shalat malam sebagaimana malam sebelumnya, tetapi beliau hanya untuk melaksanakan shalat subuh, dan beliau melakukan shalat malam pada tengah malam hari, dan pada saat itu belum menggunakan istilah tarawih;

3. Shalat malam (shalat tarawih) pada bulan Ramadhan dilanjutkan pada masa kepemimpinan Abu Bakar RA hingga awal pemerintahan Umar bin Khattab RA dengan jumlah rekaat dua puluh, 2 rekaat 1 salam;

4. Pada masa kepemimpinan Umar bin Khattab RA shalat malam dirubah namanya  dengan sebutan shalat tarawih;

5. Setelah Umar bin Khattab RA meninggal, shalat tarawih dilanjutkan oleh kepemimpinan Utsman bin Affan RA dan dilanjutkan oleh Ali bin Abi Thalib RA dan seterusnya hingga sekarang.

6.Dinamakan shalat tarawih,  karena dilakukan dengan cara rilek, santai dan banyak istirahat.

Jadi dilaksanakan nya shalat tarawih 20 rekaat dengan 2 rekaat 1 salam itu ditetapkan pada masa kepemimpinan Umar bin Khattab RA berdasarkan  ijma’ sahabat. Sebagaimana

Hadits Nabi Muhammad SAW :

قال النبي صلى الله عليه وسلم : …فعليكم بسنتي و سنةالخلفاء الراشدين المهديّين وعضوا عليها بالنواجذ
(رواه أبو داود)

Nabi Muhammad SAW  bersabda “…Berpegang teguhlah kamu sekalian atas sunnahku,  dan sunnah al-Khulafaur al-Rasyidun yang mendapatkan petunjuk dan gigitlah sunnah itu sekuat-kuatnya dengan gigi geraham”. (HR. Abu Daud).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here