Cetak Kader Militan Berwawasan Aswaja, PMII Kendal Gelar Mapaba

0
27

Kendal, pcnukendal.com – Sebanyak 40 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi mengikuti Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) yang digelar oleh Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Kendal, Sabtu hingga Minggu (2-3/11) di Graha PCNU Kendal.

Bagus Setia Triana, Ketua PC PMII Kabupaten Kendal, mengatakan Mapaba sebagai ajang perekrutan anggota baru diharapkan bisa menjaring kader-kader yang militan. Tema yang diangkat “Mencetak Insan Pergerakan yang Religius, Militan dan Bisa Mengamalkan Nilai Dasar Pergerakan Berlandaskan Ahlussunah Waljamaah”.

“Mahasiswa sebagai agen perubahan bukan cuma jargon tapi sejarah telah mencatat dalam perjalanan bangsa ini. PMII sebagai organ ekstra mahasiswa Islam yang berhaluan Aswaja telah mewarnai pergerakan mahasiswa di tanah air. PMII di Kabupaten Kendal sedang dalam tahap rintisan,” terangnya.

Kader UIN Walisongo Semarang itu menerangkan, Mapaba yang diselenggarakan oleh PC PMII Kendal secara administratif masih menginduk PC PMII Kota Semarang.

“Untuk administrasi kita masih mengikuti Semarang sebagai acuan administrasi. Namun kendal tetaplah harus memiliki ciri khas yang berbeda dalam hal pergerakan mahasiswa nya sesuai dengan kearifan lokal masyarakatnya,” terangnya.

Mapaba diselenggarakan selama dua hari diisi dengan materi pengenalan organisasi, PMII, Aswaja, dan dasar-dasar pergerakan. Setelah mengikuti sesi materi, peserta diberikan tugas sebagai tindaklanjut dari kegiatan. Peserta tampak antusias mengikuti setiap sesi hingga kegiatan ditutup Minggu (3/11) sore.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri sejumlah alumni PMII. Tampak diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Kendal, Muhammad Makmun, yang menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni PMII (IKA PMII) Kabupaten Kendal dan puluhan alumni lainnya dengan latar belakang profesi yang beragam.

“Situasi yang dihadapi sahabat PMII sekarang berbeda dengan era yang dialami sahabat-sahabat alumni. Lingkungan kampus, kehidupan masyarakat, dan situasi lainnya tidak sama. Namun spiritnya tetap sama, bagaimana sahabat-sahabat ini bisa mengawal perubahan di masyarakat sesuai dengan Nilai Dasar Pergerakan PMII,” ujarnya.

Makmun berharap melalui Mapaba ini PMII dapat menjadi motor pergerakan mahasiswa di Kabupaten Kendal yang khas dengan tradisi masyarakat pesantren. (Sulhanudin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here