CAKRAWALA TAUHID

0
160

PERTANYAAN :
Dari Muhammad Rosyidin Tamangede Gemuh
Assalamu Alaikum Wr. Wb.
Saya mau bertanya tentang :
1. Ungkapan-ungkapan di bawah ini, yang menurut saya tidak tepat untuk Tuhan :
-Tuhan ada di atas
-Tuhan ada di surga
-Tuhan ada di mana-mana
-Tuhan ada di dekat kita
-Tuhan ada di jauh dari kita
-Tuhan bersama kita
-Tuhan turun dari langit
-Tuhan di samping kita
-Tuhan ada di bawah langit
-Tuhan ada di langit ketujuh
-Tuhan di sini
-Tuhan di sana
-Tuhan mendekat
-Tuhan menjauh
-Dan lain-lain

2. Orang yang sedang berdoa menengadahkan kedua tangannya ke atas ke arah langit, apakah itu isyarah bahwa Allah ada di atas, di langit ?

JAWABAN :
1. Semua ungkapan-ungkapan di atas menunjukkan “ruang” atau “tempat”, tentu bertentangan dengan sifat Tuhan yang tidak terikat ruang dan waktu, sebab ruang dan waktu merupakan ciptaan Tuhan. Ungkapan-ungkapan itu hanya majaz dan simbolis untuk memudahkan manusia membayangkan keberadaan Tuhan, bukan dalam arti hakikat (sesungguhnya), karena yang sesungguhnya tidak seperti itu. Oleh karena itu, semua lafadz di al-Qur’an atau Hadits yang sama atau seperti ungkapan ungkapan di atas harus ditakwilkan untuk menyelamatkan tauhid kita kepada Allah, menurut Asy’ariyyin (termasuk nahdliyyin). Sedangkan menurut kaum wahabi, tidak boleh ditakwilkan, tetapi harus difahami apa adanya. Menurut mereka, semua lafadz bermakna hakikat, tidak ada yang bermkna majaz. Jadi, faham wahabi itu sama dengan musyabbihah dan hasyawiyyah yang sesat dan menyesatkan.

2. Menengadahkan kedua tangan ke arah langit itu tidak berarti karena Allah bersinggah di langit, karena Allah tidak terikat ruang dan waktu. Tetapi karena langit itu kiblatnya doa sebagaimana ka’bah kiblatnya shalat.

REFERENSI :

وقد أشار النسفي فيما نقله الزبيدي فقال: ورفعُ الأيدي والوجوه عند الدعاء تعبد محض كالتوجه إلى الكعبة في الصلاة فالسماء قبلة الدعاء كالبيت قبلة الصلاة. اهـ وقال الإمام تقي الدين السبكي في رده على ابن زفيل: إن القلب متوجه إلى الرب العالي قدْراً وقهراً على كل شىء والإشارة إلى جهة العلو التي هي محل ملكه وسلطانه وملائكته والعليين عن خلقه وقبلة دعائه ومنـزل وحيه وهكذا رفع الأيدي في الدعاء.اهـ
M.D. Royyan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here