BUDAYA GEBYUK UNTUK PARIWISATA DAN EKONOMI PESISIR

0
78

IMG-20160502-WA0025Kangkung, nukendalonline. Forum UMKM Kendal bersama Pokdarwis Terpadu desa Laban, Karangmalang dan Jungsemi akan mengadakan festival Gebyuk 2016 pada tgl 15 Mei 2016. Direncanakan festival ini akan dihadiri oleh bupati Kendal dan jajaran dinas terkait seperti Dinkop, Dispertan, Disbudpar.

Acara diawali dengan pelepasan ikan di sungai Sabeo dilanjutkan  bupati naik perahu ke pantai Karangmalang untuk memanen telo kemangi. Diharapkan dengan adanya festival ini bisa memperkenalkan budaya gebyuk sekaligus pantai Karangmalang yang masih perawan untuk bisa digarap oleh Pemda menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Kendal.

Festival ini juga akan dibarengi dengan festival jajanan ndeso dari ibu-ibu peserta UMKM yang sudah mendapatkan pelatihan pengolahan makanan dari telo kemangi juga jajanan dari kirut yang banyak tumbuh di daerah Truko, Aneka olahan sukun dari dawet sampe kue-kue dari Kalirejo.

IMG-20160502-WA0027

Wisata religi kemangi sebuah kearifan lokal yang merupakan destinasi wisata ziarah di kec. Kangkung yang tentunya tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Kangkung yang diharapkan ini bisa diangkat bersama dengan tradisi khaul simbah wali Aqrobuddin di Kaliyoso.

Semangat yang luar biasa dari masyarakat Laban dan sekitarnya ini mendapat dukungan penuh dari kepala desa Laban Muhammad Ulil Amri S.Hi yang juga ketua  Ansor kabupaten Kendal untuk bisa mengangkat tradisi, pariwisata dan ekonomi masyarakat di kecamatan Kangkung. (Jack,Sp/Fahroji).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here