Bentuk Kader Pelopor, PC IPNU-IPPNU Kendal Bakal Gelar MKB

0
59

Kendal, pcnukendal.com – Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kendal akan menggelar kegiatan pembentukan kader pelopor melalui Madrasah Kader Berkelanjutan (MKB).

Menurut Dinik Trisiani Siti Maskhanah, selaku Ketua Penyelenggara, kegiatan ini merupakan hasil dan rekomendasi dari diskusi Tim Kaderisasi PC IPNU-IPPNU Kendal yang merumuskan MKB sebagai satu formula kaderisasi di Kendal yang efektif dan efisien.Dinik menambahkan, kegiatan itu juga bertujuan untuk mendorong akselerasi kaderisasi

Dinik menambahkan, kegiatan itu juga bertujuan untuk mendorong akselerasi kaderisasi yang melahirkan kader-kader massif dan ideologis sehingga lahir kader-kader pelopor di Anak Cabang.

“Semoga bisa menghasilkan kader yang piawai lahir batin, siap menghadapi era milenial ini, apa yang diperoleh bisa dijadikan bekal masing-masing kader untuk diterapkan”, tandas Dinik.

Mengenai peserta kegiatan, Dinik menjelaskan bahwa peserta MKB adalah delegasi yang mendapat rekomendasi dari Anak Cabang minimal 4 IPNU dan 4 dari IPPNU yang berumur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun. Peserta juga telah mengikuti MAKESTA atau MOPDIK Ma’arif NU.

Diagendakan, kegiatan tersebut bakal digelar dengan model dan tahapan berkelanjutan. Pengenalan serta pendalaman materi akan dibagi menjadi 6 kelompok, yakni Kelompok 1 meliputi Singorojo, Boja dan Limbangan, Kelompok 2 Kaliwungu Selatan, Kaliwungu dan Brangsong, Kelompok 3 Ngampel, Kendal, Patebon dan Pegandon, Kelompok 4 Cepiring, Gemuh dan Ringinarum, Kelompok 5 Kangkung, Weleri dan Rowosari, serta Kelompok 6 yang meliputi Sukorejo, Patean, Pageruyung dan Plantungan.

Adapun tahapan pelaksanaan dan realisasi program kaderisasi ini secara rinci akan dibagi pada 4 tahapan. Tahap I (30 Juni 2019) akan dilaksanakan mediasi atau pengarahan kepada seluruh elemen yang akan turut ikut andil dalam pelaksanaan MKB. Tahap II (14 Juli 2019) akan dilaksanakan pembukaan kegiatan secara serentak dimasing-masing kelompok.

Sementara Tahap III (Juli-September 2019) akan direalisasikan dalam kegiatan diskusi rutin yang bergilir di masing-masing kelompok. Diskusi ini akan mengkaji empat bidang kajian, yakni tentang Aswaja, Sejarah Kendal, Mempraktekan Amaliah Aswaja an Nahdliyah dan Menulis Essay. Kemudian pada Tahap IV ( 29 September 2019) akan dilaksanakan penutupan dan verivikasi kelulusan peserta. (Itsna/Mufty)

judul iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here