Banser Harus Berwawasan Luas dan Peka Terhadap sosial

0
137

Kendal pcnukendal.id Pada Minggu (5/2), sekitar 300 Banser mengikuti Pembaretan angkatan XV di puncak Gunung Tidar Magelang. Mereka tergabung dalam Banser Tanggap Bencana (Bagana). Pada kesempatan itu, 75 Banser Kabupaten Kendal juga ikut erta dalam acara tersebut. Rangkaian kegiatan Pembaretan ini dilanjutkan ziarah ke makam Gunungpring.

 

Pada acara itu, ketua PCNU Kendal KH. Danial Royyan bertindak sebagai Inspektur Apel Pembaretan. Ia mengaskan, bahwa Ansor-Banser bagi NU ibarat Kaum Hawariyyun dihadapan Nabi Isa as dan laksana Sahabat Ansor dihadapan Rasulullah SAW yang menolong sahabat Muhajirin kalau itu.

Kyai Danial juga menyampaikan, tidak ada seorang nabi dimuka bumi ini yang berhasil dan sukses melakukan misi dakwahnya tatkala tidak ada dukungan, supports dan pembelaan dari kaumnya.

“Demikian halnya keberadaan Ansor-Banser. Sebagai kader inti gerakan di kalangan pemuda NU, Ansor-Banser harus senantiasa sigap dan siap menjadi benteng Kiai dan ulama serta mengawal penuh pengembangan Islam Ahlussunah waljamaah di Nusantara ini,” tutur Kyai Danial.

 

Ia melanjutkan, dewasa ini, negara Indonesia sedang mengalami kondisi yang tidak stabil dengan maraknya informasi dan berita bohong yang beredar, baik melalui media massa maupun media sosial. Oleh karenanya, lanjut Kya Danial, Ansor-Banser harus memiliki watak patriotik dan berwawasan luas dalam menyikapi serangan tersebut.

Kyai Danial lalu memberi sedikit tpis kepada Ansor-Banser. Untuk mengasah kepekaan sosial secara seimbang, Ansor-Banser harus senantiasa menjalin komunikasi dengan pengurus NU di semua tingkatan, mulai dari Ranting sampai pengurus cabang. Ansor-Banser juga harus berkoordinasi dengan pihak lain seperti TNI-Polri dan pemerintah.

“Sebagaimana maqolah KH. Wahab Hasbullah, hubbul Wathan minal iman. Karena itu kader Ansor-Banser wajib menjaga keutuhan NKRI yang menjadi warisan para pendahulu,” ujar Kyaai Danial.

 

Adapun Muhammad Ulil Amri, Ketua GP Ansor Kendal menghimbau kepada seluruh Anggota Banser se-kabupaten Kendal untuk selalu mengikuti instruksi pimpinan dan waspada dengan isu-isu yang berimbas kepada perpecahan. (Misbah/Zubair)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here