BACA AL-QUR`AN LEWAT HP

2
111

 Pertanyaan :

Apakah wajib wudlu ketika membaca al-Qur`an lewat HP? (Syamsul Ma`arif PP Al-Itqon Patebon 081901525280)

Jawaban :

Yth. Mas Syamsul Ma`arif

Di antara hal-hal yang mewajibkan wudlu menurut madzhab Syafi`i, adalah memegang atau menyentuh mushaf yang di dalamnya ada tulisan Al-Qur`an sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur`an لا يمسه إلا المطهرون (tidak boleh menyentuh Al-Qur`an kecuali orang-orang yang berwudlu). Dan yang dimaksud dengan mushaf adalah kertas atau kumpulan kertas yang di dalamnya ada tulisan huruf-huruf al-Qur`an.

Menurut Imam Izzuddin bin Abdissalam, wajib memuliakan huruf-huruf tulisan Al-Qur`an dalam mushaf dengan wajib berwudlu ketika menyentuhnya karena huruf huruf itu menjadi dalil terhadap Dzat Allah SWT. Adapun membaca al-Qur`an بظهر الغيب (di luar kepala), maka tidak diwajibkan berwudlu, tetapi disunnahkan berwudlu untuk menghormati dan mengagungkan al-Qur`an.

Pada zaman kemajuan teknologi seperti sekarang ini, tulisan atau suara Al-Qur`an bisa diaplikasi di dalam HP (handphone). Maka tulisan Al-Qur`an di dalam HP itu tidak sama dengan huruf-huruf Al-Qur`an dalam mushaf, karena huruf-huruf dalam mushaf bisa disentuh secara langsung, sedangkan tulisan al-Qur`an di dalam HP merupakan getaran tampilan yang bisa muncul di layar HP ketika dikehendaki dengan meng-klik tombol tertentu, bukan huruf-huruf yang bisa disentuh secara langsung.

Tampilan al-Qur`an di layar monitor HP itu sama dengan mushaf al-Qur`an yang diletakkan di dalam peti kaca di sebuah museum, dan sama juga dengan kaset yang berisi rekaman Al-Qur`an, yang huruf-hurufnya tidak bisa disentuh secara langsung.

Oleh karena itu, membaca Al-Qur`an melalui HP tidak diwajibkan berwudlu, karena tidak bersentuhan dengan huruf-huruf Al-Qur`an secara langsung. Tetapi alangkah lebih baik jika berwudlu untuk menghormati Al-Qur`an.

Dasar Pengambilan Dalil :

  1. اعانة الطالبين جزء أول ص 68:

ولا يخفى أن المصحف اسم للورق المكتوب فيه كلام الله تعالى

  1. الباجوري جزء أول ص 144:

المصحف هو اسم للمكتوب فيه كلام الله بين الدفتين أي بين دفتي المصحف

  1. – إخبار المهتدين عن أخبار المجددين ص 324 :

ويجب احترامها (أي حروف القرآن) لدلالتها على ذاته

KONSULTASI AGAMA

Diasuh oleh : H. Mohammad Danial Royyan

Ketua PCNU Kabupaten Kendal

2 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum…
    Iya sih… Semua yg disampaikan terdapat keganjalan bagi saya, kita kan membacanya. Sesuai yang disampaikan dalam kitab, bukan wallubsu saja disitu tapi juga ada waqiroatul quran (yang artinya: membaca alquran). Nah sebelum kita membaca alquran kan berarti kita harus berwudhu terlebih dahulu…
    Wassalamualamualaikum…

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here