Atraksi Pagar Nusa Meriahkan Hari Santri di MTs NU 13 Arrahmat

0
378

whatsapp-image-2016-10-23-at-12-21-54

Sukorejo pcnukendal.id. Madrasah Tsanawiyah NU 13 Arrahmat dan Madrasah Aliyah NU 10 Sukorejo mengadakan peringatan hari santri Sabtu ( 22/10) Bertempat di lapangan serbaguna MTs NU 13 Arrahmat, kegiatan ini di mulai pukul 07.30 dengan upacara bendera dengan inspektur upacara  Kepala MTs NU  13 Arrahmat, Nuryadin, S.Pd.I

Dalam instruksinya  Nuryadin menghimbau agar siswa-siswi MTs NU 13 dan MA NU 10 Sukorejo meneladani perjuangan para syuhada dan pahlawan kemerdekaan Indonesia yang dengan gigihnya mengusir Pasukan NICA (Nederlands Indies Civil Administration:red) dari bumi pertiwi Indonesia dengan senjata seadanya yang masih tradisional, sehingga kita saat ini bisa hidup di negara merdeka dan berdaulat.

Setelah upacara selesai kemeriahan langsung terasa, lantunan sholawat mulai menggema. Gabungan grup rebana dari MTs Arrahmat dan MA 10 telah siap diatas panggung yang memang dipersiapkan khusus untuk kegiatan ini.

Selain sholawat, siswa-siswi juga menunjukan kemampuan dalam pembacaan puisi religi dan bernyanyi lagu islami.

whatsapp-image-2016-10-23-at-07-46-25

Namun yang paling meriah adalah saat penampilan dari  Anak-anak Ekstra Pencak Silat Pagarnusa. Mereka menampilkan jurus-jurus Pencak Silat khas NU  dengan kompak dan berirama, seperti Salam Pagar Nusa dan Salam NU yang diciptakan oleh guru besar Pagar Nusa, almaghfurlah KH Maksum Jauhari Lirboyo.

Di akhir penampilannya anak-anak Pagarnusa yang telah digembleng dengan latihan yang keras ini mempertontonkan atraksi olah tenaga dalam  dengan memecahkan tumpukan batako dan genteng.

“Atraksi ini cukup aman. anak-anak telah berlatih khusus untuk atraksi ini. Kalau ada luka-luka lecet dikit itu ya wajar-wajar saja, namanya juga olahraga pencak silat”.ungkap Kepala Madrasah

Nuryadin  juga menambahkan bahwa olahraga pencak silat itu penting. Selain untuk olahraga prestasi dan beladiri, pencak silat khususnya Pagar Nusa adalah warisan Ulama NU yang harus dilestarikan dan dijaga, tandasnya. (isroi/Fahroji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here