MTs NU 29 Patean Adakan LDK

0
354

mts-patean1

Patean pcnukendal.id Menjadi figur seorang pemimpin tidaklah mudah, memerlukan proses yang panjang dan berliku. Sehingga calon pemimpin harus ditempa mentalitas dan jiwa kepemimpinan semenjak dini.

Untuk melatih hal itu, OSIS Madrasah Tsanawiyah (Mts) Maarif NU 29 Patean menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), di SDN 1 Kalices, Patean, Sabtu-Minggu (29-30/10).

“Semenjak dini, pelajar NU ini harus kita tempa agar kelak menjadi pemimpin yang handal,” ujar Kepala Mts Maarif NU 29 Patean, KH. Ahmad Rojin disela-sela kegiatan.

Pemimpin yang karbitan, lanjutnya, akan bersifat dan bersikap tidak sesuai dengan asas pancasila, apalagi agamis. Bahkan cenderung anarkis dan memaksakan diri.

“Maka ketika mempraktekannya pun akan timbul bullying (kekerasan di lingkungan sekolah, red),” paparnya.

Lewat LDK ini bisa dijadikan pembekalan dini untuk melangkah menjadi pemimpin masa depan yang berjiwa pancasila dan agamis.

“Akan beda, orang yang berilmu dengan yang tidak berilmu. Dalam memimpinpun ada ilmu, yakni ilmu seni manajemen,” Imbuhnya.

mts-patean2

Selain bertujuan untuk membentuk karakter pemimpin masa depan juga dijadikan sebagai sarana dakwah/pengenalan MTs NU 29 kepada masyarakat.

Adapun materi yang disampaikan antara lain Dasar-dasar kepemimpinan, lagu-lagu nasional, jenis-jenis administrasi organisasi, teknik memimpin rapat/sidang, outbound dan lain sebagainya.

“Narasumber dari Bapak dan Ibu Guru, dan para profesional dibidangnya,” Ujar Bayu, selaku pelaksana program.

LDK ini diikuti 25 pengurus OSIS kelas 7 dan 8. “Sesuai program sekolah, kegiatan ini diagendakan setiap tahun,” Imbuhnya.

Salah seorang peserta, Hisyam, mengaku senang mengikuti kegiatan LDK karena selain menambah pengalaman organisasi juga menambah akrab antar teman. (Ali Masfuat/Syukron)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here